GIRUGAMESH


PROFILE  GIRUGAMESH

Bisa dibilang girugamesh sangat produktif di tahun 2007 kemarin. Setelah melemparkan DVD singleVolcano di awal tahun, pada bulan Juli juga band yang berada dalam naungan label Danger Crue ini merilis sebuah mini album yang dikasih judul Reason of crying [sebuah mini album yang oke punya!]. Dan tidak hanya di situ saja. Menjelang tutup tahun, tepatnya tanggal 26 Desember girugameshkembali memanjakan para fansnya dengan menelorkan album keduanya [album pertama judulnya 13’s reborn] yang kali ini bertajuk Girugamesh[self titled]. Waow!!

Album Girugamesh dirilis dalam 2 type. Yaitu CD dan CD+DVD. Untuk CD, di dalamnya berisikan total 13 buah track. Sedangkan CD+DVD isinya hanya 10 buah track saja. Namun dilengkapi dengan 2 buah PV [Promotional Video], yaitu Vermilliondan kowarete iku sekai. Album ini dapat aku katakan cukup spesial. Kenapa? Karena sang gitaris dari band beken MUCC, yakni Miya, menjadi assisten produser-nya. So, sudah bisa ditebak bagaimana hasil akhir dari isi album ini.

Sekilas profilenya. Band yang terbentuk sejak tahun 2003 ini terdiri dari 4 orang personil. Mereka adalah Satoshi [eks Venom] pada posisi vokal, Nii pada posisi gitar, Shuu[eks roadies Kagerou] memegang alat bass dan terakhir tentu saja Ryo yang beraksi sebagai drum. Warna musik mereka bisa aku bilang hard-rock yang mengandalkan permainan riff gitar yang sangat berat dan menghentak-hentak! Walau nuansa lagunya selalu gelap, namun musiknya secara umum dapat dinikmati oleh siapa tanpa perlu harus berpikir ekstra keras.

Oke, tanpa perlu berbasa-basi lagi, langsung saja aku mulai dengan tembang pembuka album, yaitu Intro [01:40]. Benar-benar track yang pas banget buat dijadikan ajang pemanasan sebelum memasuki track selanjutnya. Intro diisi oleh beberapa permainan tribal drums plus trash-riff yang mengingatkan aku akan band trash metal favoriteku asal Brazil, siapa lagi kalo bukan SEPULTURA!

Selesai Intro, langsung dibalas dengan sebuah track yang bisa aku bilang the best track on the CD. Yakni patchwork [03:26]. Sebuah lagu yang membuat pendengarnya langsung merasakan klimaks alias orgasme saking cadasnya! Growl berat Satoshipada saat chorus masih terdengar mantap dan bertenaga seperti biasanya. Riff gitar yang dimainkan Nii sangat berkarakter. Hal inilah yang membuat lagu-lagunyagirugamesh memiliki rating di atas rata-rata.

Dilanjutkan dengan salah satu track andalan dari album ini, yaitu Vermillion [03:12]. Sebuah tembang yang juga oke punya walaupun tidak semenarik tembang sebelumnya. Intro dibuka dengan sedikit aksi permainan perkusi. Tempo lagu sedikit cepat dengan tetap mengandalkan permainan riff gitar Nii yang berat. Kekurangannya dari lagu ini terletak pada chorus yang kurang menggigit. Sayang sekali memang, apalagi durasinya terlampau singkat.

Sedikit kekecewaan-ku pada track Vermillion bisa terobati setelah mendengarkan track berikutnya. Yakni stupid [01:46]. Walau durasinya tidak sampai 2 menit, namun kharisma dari girugamesh sangat terasa dan tersampaikan di lagu ini! Benar-benar cadas dan berat! Pada awal lagu saja sudah diisi dengan growl Shatoshi yang maha dashyat! Di pertengahan, aliran musik tiba-tiba berubah ke arah trash. Oke banget nih lagu!!!

barikedo [diambil dari bhs Inggris, Barricade] merupakan track selanjutnya. Lagu yang berdurasi 02 menit 56 detik ini juga aku jadikan sebagai salah satu lagu favoriteku yang ada dalam album Girumaesh ini. Maut, itulah kesan pertamaku setelah mendengarkan lagu-nya. Gimana gak maut, wong lagunya sendiri menggambarkan kemarahan seorangSatoshi yang dibaluti dengan growl kasar yang mumpuni serta permainan gemuruh drum yang apik dari Ryo! Klimaks lagu ini dapat didengar saat chorus yang super duper keren itu!!!

Selesai barikedo, diteruskan dengan lagu shining [03:55]. Another good song bygirugamesh! Selain lagunya lebih bermelodi, juga gampang dinikmati tanpa harus me-repeat track ini untuk kedua kalinya. Beda dengan lagu-lagu sebelumnya, Satoshimenampilkan chorus yang sangat diterima sekali oleh telinga siapa saja. Entah kenapa perasaan-ku mengatakan jika nanti girugamesh berhasil menjadi band mayor, yah lagu tipe seperti ini lah yang menjadi warna musik girugamesh ke depannya. Apa mau dikata….

shiroi sokuseki [04:09] menjadi lagu berikutnya. Ahaaa… sebuah lagu dengan ketukan drum yang sedikit bergenrekan alternatif. Sama seperti lagu shining, lagu ini juga memiliki melodi yang manis. Cuman di sini lagu shiroi sokuseki agak nge-ballad.Satoshi layak mendapatkan applaus di lagu ini. Nih orang ternyata memiliki sisi vokal yang manis dan sentimentil [terlebih saat mengisi background vocal yang bisa didengar menjelang akhir lagu]. Jauh dari kesan angker, seram, dll. Akhirnya, solo gitar dari Niibisa didengar juga pada lagu ini…. Great song, btw!

CRAZY-FLAG [03:37], sebuah lagu yang sedikit metal. Hal itu bisa didengar dari riff gitar yang benar-benar tajam dan mendominasi sepanjang lagu. Ditambah lagi dengan aksi bass dari seorang Shuu, menambah fresh lagu ini. Cuman sayang, chorusnya biasa aja. Padahal khan chorus itu penting karena merupakan klimaks dari sebuah lagu. Tapi, growl Satoshi yang seakan-akan mengajak orang berantem itu boleh juga tuh. Hahaha….

Dilanjutkan dengan lagu yang dikasih judul [shoujo A]. Lagu yang berdurasi 3 menit 3 detik ini sangat tipikal banget dengan warna musiknya girugamesh itu sendiri. Berhubung sejak track awal sudah mendengar corak musik seperti ini, entah kenapa membuat aku sedikit merasa bosan. Seakan-akan di kepalaku mendengar musik yang sama dan hanya diulang-ulang saja secara terus menerus. Walau begitu, aku suka tuh saat interlude di pertengahan lagu. Setidaknya oke lah buat dipake untuk goyangin kepala sedikit.

ROCKER’S [03:19] adalah lagu selanjutnya. Nice intro there! Lagunya sangat bersemangat sekali dengan alunan tempo yang nge-beat. Semua gaya vokal yang dimiliki Satoshi benar-benar dikeluarkan semuanya. Dan lagi, permainan bass Shuunendang banget di sini!

Diteruskan dengan sebuah lagu yang sedikit lain dari pada biasanya. Judulnya Dance Rock Night [03:01]. Entah kenapa mendengarkan lagu ini membuat kepala dan badanku bergoyang dengan asyiknya. Warna musiknya tetap nge-hard-rock. Cuman ditambahi sedikit bumbu Rock & Roll. Yah lagu ini lah hasilnya. Shuu dan Ryoberperan besar di lagu ini hingga bisa menghasilkan sebuah warna musik yang agak unik.

Beralih ke track berikutnya, yaitu domino [03:52]. Hampir sama seperti lagu shiroi ashiato, lagu ini juga sedikit bermelodi dan nge-power-ballad. Kayaknya dominomasuk dalam lagu favoriteku yang ada dalam album ini deh. Sayang sekali durasinya terlalu singkat untuk sebuah lagu ballad. Another good solo guitar, btw!

Tiba juga pada tembang penutup album. Yaitu kowarete iku sekai. Dan lagu ini memiliki durasi yang cukup panjang. Hampir 7 menit. Dan selama waktu itu pula lagu ini diisi dengan dominasi permainan akustik gitar yang bertempokan sangat lambat. Mungkin lagu ini bisa dikategorikan sebagai lagu ballad. Namun ballad yang sentimentil. Lihat saja bagaimana Satoshi benar-benar menjiwai lagu [terutama saat chorus menjelang 3 menit akhir!] ini dengan perasaan yang sedih sambil diiringi oleh ritem gitar yang seakan-akan juga turut merasakan kepedihan itu. Walaupun lagu ini tidak terlalu asyik banget, lagu ini layak untuk dijajal kok. Hmmm, jadi tertarik untuk melihat PV-nya nih!

Berhubung girugamesh adalah salah satu band rock Jepang favoriteku, kayaknya tidak banyak kritik yang perlu aku ucapkan di sini. Yup, secara keseluruhan girugameshtelah mencurahkan segala kemampuan yang mereka miliki ke dalam album ini. Mungkin diantara kalian ada yang merasa beberapa track terdengar seperti lagu yang diulang-ulang saja. Namun buat pecinta genre musik seperti yang dimainkan oleh girugamesh, kayaknya itu bukan suatu masalah yang berarti deh.

Akhir kata, album ini aku kasih rating 4/5 bintang. Sampai di sini reviewnya, semoga berkenan. Terima kasih.

Tambahan:
girugamesh’s official site: http://www.girugamesh.com/
Discography: http://jmusicamerica.com/us/database-artist-discography.php?id=481
Kaisen Sengen: http://kaisen.jouyouheki.net/
DOWNLOAD: HERE [special credit & thanks to Saddam!]. Support the artist, please ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s